LINDA MARLINA SIAGIAN, S.Si.T, M.Sc

Kepala Bagian Tata Usaha

DWIASTO KAWIJAYAN

Kepala Sub Bagian Perencanaan Program

JIFRI SYAM, S.E, Ak.

Kepala Sub Bagian Keuangan Dan Perlengkapan

AFRIYENTI, S.P

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Pejabat dan uraian tugas pokok & fungsi Bagian Tata Usaha RSUD Petala Bumi Provinsi Riau sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 41 Tahun 2021 tentang Pembentukan unit pelaksana teknis bersifat khusus Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi pada Dinas Kesehatan Provinsi Riau

(1) Bagian Tata Usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, ‎ ‎ pengendalian, pengoordinasian dan fasilitasi, pemantauan serta evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Perencanaan

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat {1) Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi:

a. penyusunan program kegiatan dan rencana operasional Bagian Tata Usaha; ‎ b. perumusan kebijakan, pengaturan dan penetapan standar / pedoman pelaksanaan tugas Perencanaan Program, ‎ Keuangan dan Perlengkapan serta Umum dan Kepegawaian; ‎ ‎ c. pengoordinasian dan fasilitasi pelaksanaan tugas dan kegiatan Perencanaan Program, Keuangan dan ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ Perlengkapan serta Umum dan Kepegawaian; ‎ ‎ d. pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan tugas dan kegiatan Perencanaan Program, Keuangan ‎ ‎ dan Perlengkapan serta Umum dan Kepegawaian; ‎ e. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Perencanaan Program, Keuangan dan ‎ ‎ Perlengkapan serta Umum dan Kepegawaian; dan ‎ f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.


Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai tugas:


a. merencanakan program/ kegiatan dan penganggaran pada Subbagian Perencanaan Program;
b. membagi tugas, membimbing, memeriksa dan menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian ‎ Perencanaan Program;
c. menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan kebijakan Perencanaan Program;
d. menyiapkan bahan pengaturan dan penyusunan standar / pedoman pelaksanaan Perencanaan Program;
e. mengoordinasikan penyusunan dan/ a tau perubahan Rencana Stragis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Anggaran atau ‎‎Rencana Bisnis Anggaran, melalui APBD, BLUD maupun APBN Kementerian-Lembaga meliputi Dana Tugas ‎ ‎ ‎ ‎ Pembantuan maupun Dana Alokasi Khusus lingkup RSUD Petala Bumi;
f. mengoordinasikan, mengolah dan menghimpun bahan/ data terkait laporan tahunan, profil serta ‎ pertanggungjawaban kinerja atau laporan kinerja RSUD Petala Bumi, penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban, Laporan Atas Kinerja Instansi Pemerintah lingkup RSUD Petala Bumi; g. mengoordinasikan clan memantau penggunaan dan pengembangan sistem informasi manajemen RSUD Petala Bumi; h. mengoordinasikan penyusunan Rencana Umum Pengadaan RSUD Petala Bumi; i. melakukan pembinaan, pengendalian pelaksanaan tugas dan kegiatan Perencanaan Program; j. melakukan pemantauan, evaluasi, pencatatan dan pelaporan pelaksanan tugas dan kegiatan pada Subbagian Perencanaan; dan k. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsi nya.


Subbagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas:


a. merencanakan program/kegiatan dan penganggaran pada Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
b. membagi tugas, membimbing, memeriksa dan menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
c. menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan kebijakan Keuangan dan Perlengkapan;
d. menyiapkan bahan pengaturan dan penyusunan standar / pedoman pelaksanaan Keuangan dan Perlengkapan;
e. melakukakan urusan perbendaharaan dan akuntansi keuangan dan aset;
f. mengelola keuangan dan penyiapan pembayaran gaji pegawai;
g. melaksanakan pengelolaan barang, meliputi inventarisasi, perencanaan kebutuhan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, pemindah tanganan, pemusnahan, penghapusan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta pendayagunaan barang milik daerah lingkup RSUD Petala Bumi;
h. melaksanakan kegiatan dibidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan verifikasi Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Neraca, Catatan atas Laporan Keuangan, Penjabaran Belanja Modal/ Aset Tetap, Verifikasi data penerimaan pasien; i. mengoordinasikan barang milik daerah dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Riau;
J. mengoordinasikan pola tarif layanan RSUD Petala Bumi;
k. melaksanakan pengawasan penerimaan RSUD Petala Bumi;
I. melaksanakan penyelesaian hutang dan piutang RSUD Petala Bumi;
m. mengoordinasikan pola tarif layanan RSUD Petala Bumi;
n. melaksanakan penyelesaian tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksanaan atau pemutakhiran data basil pemeriksaan pelaksanaan kegiatan; o. melaksanakan verifikasi dan pertanggungjawaban anggaran;
p. melaksanakan penyusunan laporan keuangan pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan dan pencatatan aset;
q. melakukan fasilitasi rencana umum pengadaan barang dan jasa unit kerja;
r. melakukan pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada pada Subbagian Keuangan dan Perlengkapan; s. melakukan pemantauan, evaluasi, pencatatan dan pelaporan pelaksanan tugas dan kegiatan pada Subbagian keuangan dan perlengkapan; dan
t. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsi nya.


Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:


a. merencanakan program/kegiatan dan penganggaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
b. membagi tugas, membimbing, memeriksa dan menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian Umum dan Kepegawaian;
c. menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan kebijakan urusan Umum dan Kepegawaian;
d. menyiapkan bahan pengaturan dan penyusunan standar / pedoman pelaksanaan urusan U mum dan Kepegawaian;
e. melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian meliputi mengurus pembuatan karpeg, karis/karsu, kartu askes/BPJS, taspen, pemberian penghargaan dan cinderamata, menyiapkan administrasi hukuman disiplin pegawai, mengurus administrasi pernikahan dan perceraian pegawai, pemindahan, pengurusan pensiun, kenaikan pangkat pegawai, menyiapkan presensi/ daftar hadir pegawai, surat izin cuti, surat perintah tugas, mendistribusikan D P3 / Penilaian Kinerja Pegawai, kenaikan gaji berkala, pemberhentian pegawai, membuat surat izin belajar dan surat tugas belajar, mengikuti pendidikan dan pelatihan pra jabatan, pendidikan dan pelatihan pimpinan dan ujian dinas, validasi dan pemutakhiran data kepegawaian pada aplikasi SIMPEG, menatausahakan dan mendokumentasikan berkas kepegawaian, melaksanakan acara pelantikan pejabat dan pelayanan administrasi kepegawaian lainnya;
f. mengagendakan dan mendistribusikan surat menyurat;
g. mengoordinasikan penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Bahan Kerja, Peta .Jabatan, proyeksi kebutuhan pegawai, standar kompetensi, dan evaluasi jabatan;
h. melaksanakan proses penegakan disiplin pegawai; i. membuat laporan perkembangan kepegawalan;
j. menyelenggarakan urusan kehumasan; k. melaksanakan pengelolaan kearsipan dan dokumentasi; l. melaksanakan dan mengatur fasilitas rapat, pertemuan dan upacara, serta melakukan kegiatan keprotokolan dan administrasi perjalanan dinas;
m. mengumpulkan, menyusun dan mengolah bahan data informasi untuk kepentingan masyarakat;
n. melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban rumah sakit;
o. melakukan pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
p. melakukan pemantauan, evaluasi, pencatatan dan pelaporan pelaksanan tugas dan kegiatan pada Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
q. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsi nya.