24 November 2022, RSUD Petala Bumi mengadakan Dosis Obat (Dokter Spesialis Ngobrol Sehat) Hari ke-2 yang mana Dosis Obat pada hari ini membahas perihal Gagal Ginjal Akut Pada Anak bersama dr. Meily Elven Nora, M.Sc, Sp.A (dokter spesialis anak RSUD Petala Bumi) dengan moderator dr. Kartika Zari Aryani.

Pada kesempatan tersebut dr. Meily menjelaskan penyebab-penyebab gagal ginjal akut dan kaitannya dengan penggunaan obat sirup, yang mana pada obat sirup tersebut terdapat kandungan etilen glikol yang melebihi jumlah wajar.

Gagal Ginjal Akut Pada Anak sendiri banyak menyerang anak-anak berusia 6 bulan sampai 18 tahun dan yang paling banyak didominasi oleh anak berusia 1-5 tahun. Penyakit gagal ginjal akut bukanlah penyakit yang baru, namun kasus ini melonjak pada agustus tahun ini. Menigkatnya kasus gagal ginjal akut ini bukan tanpa sebab, keracunan etilen glikol disebut sebagai penyebabnya. Etilon glikol tersebut terkandung dalam obat sediaan sirup. Seperti yang dikatakan oleh juru bicara Kementrian Kesehatan.
“Kandungan Etilen Glikol seharusnya tidak ada di obat. Tapi ini jadi cemaran pelarut dalam obat. Makanya jadi toksik ke ginjal anak,” Kata Syahril dalam konverensi pers yang digear daring, Selasa (25/10).

Untuk itu orang tua harus waspada saat anak mengalami gejala yang mengarah pada penyakit ginjal akut ini, seperti:
1. Diare
2. Muntah
3. Demam selama 3-5 Hari
4. Batuk dan Pilek
5. Jumlah air seni yang semakin sedikit, bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *