Berdasarkan informasi skema perjalanan haji tahun 2019 yang disampaikan oleh Kementerian Agama RI, perjalanan calon jamaah haji dimulai pada 6 Juli hingga 16 September 2019, sebelum melakukan perjalanan haji, jamaah haji harus melakukan berbagai pengecekan kesehatan agar dapat melengkapi istitha’ah dalam melaksanakan ibadah haji. Untuk melengkapi istitha’ah jamaah Menteri Kesehatan mengeluarkan PERMENKES NO. 15 TAHUN 2016 TENTANG ISTITHAAH KESEHATAN JEMAAH HAJI DAN MEKANISME PENETAPAN ISTITHAAH DI KABUPATEN/KOTA.

Untuk pelaksanaan haji Tahun 2019 RSUD Petala Bumi mengadakan vaksin jamaah yang berasal dari haji plus. Travel haji yang melakukan pemeriksaan kesehatan antara lain Muhibbah, Sela Tour, Talbia, Khalifah, Silver Silk, Musafir, Pakem, Labaika dan travel lainnya, total jamaah haji yang melakukan pemeriksaan sebanyak 395 Jamaah. Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 16 dan 23 Juli 2019.

Bersamaan dengan kegiatan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyampaikan penyuluhan Penyelenggaran Kesehatan Haji oleh dr. Heru Murtono. Berdasarkan pemaparan dr. Heru Murtono Penyelenggaraan Kesehatan Haji memiliki tujuan untuk Menjaga Agar Jemaah Haji Dalam Kondisi Sehat Selama di Indonesia, Selama Perjalanan dan Selama Berada di Arab Saudi.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *