Sosialisasi zakat kepada pegawai RSUD Petala Bumi

Selasa, 16 April 2019 RSUD Petala Bumi Provinsi Riau menerima kunjungan dari Pimpinan Baznas Provinsi Riau, Bapak Dr. Yahanan, S.Pd.I, M.Sy beserta tim. Kunjungan ini bersempena dengan sosialisasi zakat di lingkungan RSUD Petala Bumi.

Sosialisasi dibuka dengan kata sambutan oleh Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi, Bapak Indrawansyah, S.E, M.Si yang mengajak rekan-rekan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berzakat dan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk kemaslahatan bersama.

Dalam Sosialisasinya Dr. Yuhanan menjelaskan tentang potensi Zakat Infaq dan Sodaqoh (ZIS) di provinsi Riau yang dirilis dari FOZ tahun 2015 mencapai 1,5 Triliyun sedangkan realisasinya pada tahun 2017 hanya mencapai 50 Milyar (Rp.50.103.014.000) Rupiah dan tahun 2018 hanya mencapai 56 Milyar (Rp.56.532.120.072) Rupiah.

Dr. Yunanan (Pimpinan Baznas Provinsi Riau) Menjelaskan manfaat dari zakat

Oleh karena itu Baznas Provinsi Riau menghimbau ASN Provinsi Riau untuk menunaikan zakat penghasilan atau profesi apabila sudah mencapai nishab yaitu 85 gram atau bila diuangkan sekitar Rp.49.895.000. Jika penghasilannya dalam satu tahun sudah mencapai nishab maka hendaklah dikeluarkan sebanyak 2,5% dari penghasilan tersebut. Jika penghasilan kurang dari nishab maka hedaklah berinfaq dan bersadaqah.

Diakhir sosialisasi Dr. Yuhanan menjelaskan tentang manfaat dari zakat yang telah dikeluarkan yaitu dapat mengentaskan kemiskinan, memperkecil jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, membersihkan jiwa dan harta, serta menjadi sarana pendidik manusia dari sifat kikir.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *