Perkembangan Teknologi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang banyak sekali teknologi terbaru kita rasakan yang tujuannya untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kita selalu mengadopsi berbagai teknologi terbaru, meskipun mungkin Negara lain sudah terlebih dahulu merasakan apa yang kita rasakan sekarang. Tapi satu hal yang pasti perkembangan teknologi dalam kehidupan bisa kita katakan tiada akhirnya karena semakin banyak waktu yang kita lewati tanpa kita sadari teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita.

Teknologi adalah konsep yang sangat luas yang digunakan untuk merujuk pada beberapa cabang ilmu, ada teknologi informasi, teknologi medis, teknologi transportasi dll. Mungkin kita tidak sadar bahwa Teknologi telah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari kita, apapun kegiatan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari peran teknologi. Sadarkah kita betapa pentingnya teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari?

Teknologi merupakan kebutuhan mutlak bagi sebagian besar manusia, kita tidak bisa lepas dari peran teknologi, mungkin teknologi sekarang sudah jadi kebutuhan pokok bagi setiap orang karna teknologi menjawab semua masalah yang di alami manusia, dengan kata lain teknologi bertujuan untuk mempermudah semua pekerjaan manusia karna teknologi di ciptakan dengan tujuan untuk kemudahan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Seperti yang di lakukan oleh RSUD Petala Bumi, ada beberapa Aplikasi yang dikembangkan seperti SIMPONI, SIMPATI dan SITARO.

SIMPONI (Sistem Informasi Rujukan Ponek Terintegrasi) adalah Aplikasi yang bersifat Front-End yang dapat digunakan oleh semua puskesmas yang bekerja sama dengan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web (web-based) yang berguna untuk memudahkan puskesmas dalam melakukan rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten, kotamadya atau provinsi.

SIMPATI adalah Sistem Informasi Ketersediaan Tempat Tidur. Sistem ini dikembangkan atas dasar kebutuhan yang ada, yaitu memonitor ketersediaan tempat tidur di RSUD Petala Bumi dan memberikan informasi tersebut secara cepat dan akurat kepada masyarakat melalui internet. SIMPATI sudah tersedia dalam bentuk website dan aplikasi android.

Adapun inovasi terbaru dari RSUD Petala Bumi adalah SITARO.
SITARO merupakan sistem yang dibuat berbasis web yang dapat diakses melalui browser dan aplikasi android SITARO. SITARO dapat mengakomodasi proses pendaftaran pasien baru, pasien lama, pencetakan tiket pendaftaran dan pencarian jadwal dokter. Selain itu juga mengakomodasi proses verifikasi pendaftaran oleh administrator pendaftaran.

RSUD Petala Bumi merupakan rumah sakit yang sedang berkembang dan sedang berusaha untuk meningkatkan pelayanan serta kualitasnya. Proses pendaftaran bagi pasien rawat jalan merupakan salah satupelayanan yang sangat penting. Oleh karena itu untuk mempermudah pasien dalam melakukan pendaftaran dan perjanjian kunjungan rawat jalan dengan berbagai poliklinik yang ada di lingkungan RSUD Petala Bumi. Maka RSUD Petala Bumi mengembangkan Sistem Informasi Pendaftaran Online (SITARO) untuk menjadikan proses pendaftaran rawat jalan menjadi lebih efektif dan efisien.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *